Jumat, 20 Oktober 2017
Senin, 11/04/2016 14:01 WIB

Penelitian Ungkap Pria Kini Punya Kebiasaan Belanja Seperti Wanita

Siti Rahmi Anjani - wolipop
Penelitian Ungkap Pria Kini Punya Kebiasaan Belanja Seperti WanitaFoto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pria diketahui sering malas bahkan membenci kegiatan berbelanja. Ketika diminta pacar atau istri untuk temani berburu baju baru, mereka pun kerap merasa enggan meski kadang akhirnya menurut juga. Para lelaki umumnya juga menghindari aktivitas itu sehingga jarang memperbarui koleksi pakaian mereka.

Namun hal tersebut sepertinya tidak lagi dirasakan semua pria. Berdasarkan riset terbaru, pria zaman sekarang sudah tidak 'alergi' dengan kegiatan belanja. Mereka bahkan mulai mengikuti kebiasaan atau sikap wanita saat membeli barang, seperti impulsive atau mengikuti kata hati hingga melakukan riset terlebih dahulu.

Dahulu, mereka menganggap jika mencari busana adalah mimpi buruk sehingga sering menyuruh istri atau kekasih untuk membelikan. Tak sedikit pula yang cenderung datang ke toko yang sama kemudian mencari item dengan harga paling murah.  

Sementara saat ini mereka tidak lagi bermasalah jika harus mengitari beberapa toko demi mencari item terbaik. Tak lagi hanya beli jaket atau celana ketika ke mal, belanjaan mereka juga jadi lebih variatif dan juga memborong produk perawatan atau buku. Sebagian lelaki bahkan tak segan-segan menunjukkan hasil 'buruan' mereka di Facebook atau Instagram.

Para retailer fashion pun merasakan perubahan kebiasaan belanja pria yang cukup drastis. Dilansir Dailymail, Net-a-Porter mengatakan ada kenaikan traffic belanja online sebanyak 25% dari pria dibanding tahun 2014. Mereka juga tertarik dengan koleksi baru yang membuat brand-brand ternama seperti Givenchy dan Burberry menaruh barang teranyar mereka pada hari tersibuk yakni Selasa dan Jumat.

"Tren berperan besar dalam mempengaruhi pola belanja pria. Sosial media merubah pria yang biasanya belanja sesekali untuk mengganti barang menjadi seorang yang mungkin ahli," kata Tom Kalenderian selaku executive vice president and general merchandise manager kategori pria di Barney's New York.

Tak hanya busana, mereka juga jadi lebih rutin membeli produk perawatan. Survei yang dilakukan Wall St Journal mengatakan ada kenaikan belanja pembersih wajah sebanyak 11% dibanding tiga tahun lalu.

"Seiring dengan pria lebih peduli dengan penampilan mereka, apa yang mereka gunakan dan produk yang mereka kenakan, pengambilan keputusan mereka mulai mengimitasi wanita," kata Ildiko Szalai sebagai analis senior Beauty & Personal Care di Euromonitor. (sra/kik)

belanja


Berita Terkait: Pengalaman Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Pakai Go-Mart dari Go-Jek Siap-siap Diserbu Ratusan Diskon di Hari Belanja Diskon Indonesia 10 Kelakukan Ajaib Pembeli Online yang Bikin Ketawa Hingga Elus Dada Alasan Kurang Menyenangkan Boarding Pass Diminta Saat Belanja di Bandara Waspada, Ini Tanda-tanda Anda Sudah Ketagihan Belanja
Baca Juga

Most Read: Jeans Compang-camping Eksis di Fashion Week Tokyo, Berani Pakai? Foto: Gaya Seksi Ines Rau, Transgender Pertama yang Jadi Model Playboy Foto: Intip Pesona Tomomi Takano, Petinju Cantik dan Seksi Asal Jepang Kisah Pilu Wanita yang Fotonya Tanpa Busana Disebar Selingkuhan Suaminya
Untuk akses lebih cepat install detikcom for iPhone Back «
News · Sport · Sepakbola · Finance · Hot · Inet · Food · Oto · Health · Bandung · Surabaya · Foto · Iklan Baris · Lalu Lintas