Sabtu, 23 September 2017
Senin, 09/05/2016 12:00 WIB

Foto: Berkunjung ke Secret Garden Village, Tur Wisata Edukasi Pertama di Bali

Daniel Ngantung - wolipop
Foto: Berkunjung ke Secret Garden Village, Tur Wisata Edukasi Pertama di BaliFoto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Bali selalu identik dengan pantai sebagai salah satu daya tarik pariwisatanya. Tapi kini telah hadir sebuah destinasi wisata baru di Pulau Dewata. Namanya Secret Garden Village, tempat wisata yang berkonsep tur edukasi yang pertama di Bali.

Menempati area seluas 3,7 hektar di dataran tinggi Tabanan, Bali, Secret Garden Village memiliki empat atraksi utama, yakni museum kecantikan beserta pabrik mini produk kecantikan lokal Oemah Herborist, museum kopi dan kafe di bawah label Black Eye, dan dua restoran, Rice View dan The Luwus.

"Misi kami adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan dan mengapresiasi budaya negeri sendiri. Diharapkan ini dapat menjadi ikon wisata di Bali," ujar Haryo Sugih Arso, Vice President Food & Beverage, Secret Garden Village, Selasa (4/5/2016).

Di sini, pengunjung diajak tur menyambangi tempat tersebut selama 60 menit. Seperti apa?

1. Bernuansa Minimalis



Keunikan Secret Garden Village sudah terasa bahkan sebelum pengunjung menginjakkan kaki di dalam berkat desain bangunannya yang bergaya minimalis kontemporer. "Desainnya dipadukan dengan alam yang sangat kuat, seperti air, kayu, besi dan beton," kata Haryo. Adalah Andra Martin, arsitek yang mendesain bangunan berlantai dua tersebut. Potato Head, salah satu klub papan atas di Bali, juga termasuk buah karyanya.

2. Tiket Masuk



Supaya bisa masuk, pengunjung harus membeli tiket terlebih dulu di loket. Secret Garden Village memberlakukan harga tiket masuk Rp 50.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 100.000 bagi wisatawan asing. Jika tiket sudah di tangan, seorang pemandu siap mengantar pengunjung berkeliling Secret Garden Village.

3. Beauty Heritage Museum



Tujuan pertama adalah Beauty Heritage Museum yang adalah bagian dari Oemah Herborist di lantai 2. Terdapat sekitar 20 benda pamer berupa peralatan antik untuk meracik jamu atau produk kecantikan di zaman dahulu kala.

4. Pabrik Mini



Tur lalu berlanjut ke pabrik mini produk perawatan tubuh dan kecantikan Oemah Herborist. Pabrik tersebut merupakan replika dari pabrik utama Oemah Herborist di Semarang, Jawa Tengah. Mengenakan jas panjang putih ala dokter lengkap dengan masker dan penutup kepala, pengunjung dapat melihat proses pembuatan hingga pengemasan produk Oemah Herborist yang semuanya terbuat dari bahan alami khas Indonesia.

5. Beauty Outlet



Setelah menyaksikan kisah di 'balik layar', pengunjung lantas dipandu menuju beauty store dimana seluruh produk Herborist dijual. Di sini, Anda akan menemukan Fragrance Bar. Bukan bar untuk menikmati minuman beralkohol, melainkan bar untuk meracik parfum berbahan alami.

6. Museum Kopi



Pemandu lalu mengajak pengunjung ke museum kopi dan pabrik mini kopi. Di museum, terdapat peralatan antik yang biasa digunakan untuk menyedu kopi. Sementara di pabrik mini ditampilkan tahap demi tahap menyangrai (roasting) kopi hingga pengemasannya.

7. Coffee Shop



Berhadapan dengan museum, ada coffee shop yang menjual segala jenis biji kopi pilihan dari seantero Nusantara dan pernak-perniknya. Selain menjual produk, coffee shop juga menawarkan pengalaman coffee-tasting yang dipandu barista berpengalaman.

8. Kafe dan Restoran



Untuk melengkapi pengalaman tur pengunjung, Secret Garden Village menyediakan tiga tempat untuk bersantap atau sekedar menyeruput kopi terbaik sembari menikmati panorama sawah terasering dan perbuktian yang memesona. Ada The Luwus untuk hidangan prasmanan Asia dan tradisional Bali, dan Rice View untuk menu makanan berkonsep grill.

Secret Garden Village berlokasi di Jalan Raya Denpasar Bedugul KM 36, tepatnya di sisi kanan jalan dari arah Denpasar. Perjalanan dari Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai memakan waktu sekitar 60 menit. (dng/dng)


Berita Terkait: Blogger Ini Ungkap Stigma yang Sering Didapat Wanita Gemuk Saat Traveling Seperti Anak Kunci, Begini Bentuk Eyeliner di Era 1900-an Wanita Solo Traveling? Siapa Takut! Simak Tipsnya Ladies Nila Tanzil Berbagi Pengalaman Nikmatnya Traveling Sendirian ke 32 Negara Bra Khusus Traveling, Bisa Simpan Paspor Hingga Perhiasan
Baca Juga

Most Read: Bangga! Desainer Indonesia Rinaldy Yunardi Raih Penghargaan Fashion Dunia Ramalan Zodiak Anda Hari Ini Masih Seksi! 5 Supermodel Legendaris Tampil Sepanggung di Show Versace Foto: 15 Pernikahan Kerajaan Termewah di Dunia
Untuk akses lebih cepat install detikcom for iPhone Back «
News · Sport · Sepakbola · Finance · Hot · Inet · Food · Oto · Health · Bandung · Surabaya · Foto · Iklan Baris · Lalu Lintas