Minggu, 20 Agustus 2017
Jumat, 14/10/2016 11:50 WIB

Dengar Musik House Hingga Belanja Malam, 6 Tips Hemat ke Supermarket

Rahmi Anjani - wolipop
Dengar Musik House Hingga Belanja Malam, 6 Tips Hemat ke SupermarketFoto: iStock
Jakarta - Sebagai pengambil keputusan dalam keluarga, wanita diharapkan bisa mengatur keuangan dengan cermat. Salah satunya dengan berhemat ketika membeli keperluan rumah tangga di supermarket. Untuk mengurangi pengeluaran, pilihlah barang-barang yang masih terjangkau namun berkualitas. Ketahui pula enam trik-trik belanja hemat di supermarket berikut ini:

1. Pilih Brand Supermarket
Ingin lebih hemat dalam berbelanja? Ganti saja barang-barang dari brand favorit yang harganya mahal dengan yang lebih murah. Misalnya saja dengan memilih tisu atau pembersih lantai dengan merek keluaran supermarket. Ahli keuangan Sue Hayward mengungkapkan cara ini bisa menguntungkan total belanja Anda hingga jutaan rupiah dalam setahun.

2. Dengarkan Musik House
Tahukah Anda jika musik supermarket memang sengaja dipilih yang lembut dan pelan? Hal tersebut diakukan agar para pengunjung betah berlama-lama dalam supermarket dan membeli 25% lebih banyak. Untuk itu, pasanglah headphone selama di sana. Kemudian putar lagu dengan tempo cepat, seperti musik house dari gadget Anda.

3. Tinggalkan Trolley
Jika Anda tidak ingin membeli terlalu banyak, pakai saja keranjang untuk membawa barang-barang. Menurut penelitian Journal of Marketing Research, menggunakan trolley bisa memperbanyak belanjaan. Karena ruang yang tersisa masih banyak, Anda cenderung punya keinginan untuk memenuhinya dengan produk-produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

4. Jangan Tanpa Daftar
Disarankan untuk tidak pergi ke supermarket tanpa daftar belanjaan yang jelas. Hindari pula pergi dengan keadaan perut lapar. Hal tersebut dapat membuat Anda membeli lebih banyak barang dan makanan sehingga total pembelanjaan membengkak. Menurut Sue, cara ini bisa menghemat Rp 2 jutaan.

5. Belanja Porsi Kecil
Banyak orang mengira jika membeli barang dengan jumlah banyak akan menghemat uang karena harganya lebih murah. Namun membeli terlalu banyak justru bisa membuat item-item tersebut menumpuk di gudang kemudian basi dan tidak terpakai. Untuk itu, belanjalah dengan 'porsi' kecil atau sedang sehingga hemat dan apa yang Anda makan benar-benar segar.

6. Pergi Saat Malam
Menurut Sue, kebanyakan supermarket mulai mengurangi harga bahan makanan segar sejak pertengahan hari. Ketika malam, harganya pun bisa lebih murah hingga 75%. Meski perbedaannya tidak terlalu banyak, dalam setahun Anda bisa menghemat Rp 1,3 jutaan. (ami/ami)


Berita Terkait: Siap-siap Diserbu Ratusan Diskon di Hari Belanja Diskon Indonesia 10 Kelakukan Ajaib Pembeli Online yang Bikin Ketawa Hingga Elus Dada Alasan Kurang Menyenangkan Boarding Pass Diminta Saat Belanja di Bandara Waspada, Ini Tanda-tanda Anda Sudah Ketagihan Belanja
Foto: Ini yang Terjadi Saat Tak Hati-hati Beli Gaun Pesta Secara Online
Baca Juga

Most Read: Tiara Dipakai Kylie Jenner, Rinaldy A. Yunardi: Seperti Iklan untuk Saya
Seperti Taylor Swift, 10 Artis yang Pernah Berhenti Main Instagram & Twitter Bangga, Kylie Jenner Pakai Tiara Karya Desainer Indonesia Rinaldy A. Yunardi Madonna Rilis Brand Kecantikan, Jual Masker Seharga Rp 8 Jutaan
Untuk akses lebih cepat install detikcom for iPhone Back «
News · Sport · Sepakbola · Finance · Hot · Inet · Food · Oto · Health · Bandung · Surabaya · Foto · Iklan Baris · Lalu Lintas